Rabu, 03 Desember 2014

Manfaat Mengagumkan dari Kencur

      Tanaman kencur memiliki nama lokal yaitu : Kencur ( Indonesia,jawa ), Cikur, Ceuko, Kencor, Cekuh, sauleh, Cekir, dan lainnya.

Penyakit-penyakit yang dapat diobati oleh tanaman kencur ini, antara lain : Radang Lambung, masuk angin, sakit kepala, batuk, menghilangkan darah kotor, diare, memperlancar haid, keseleo, dan kelelahan.



  • Masuk Angin 
Sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. cara pembuatannya, kencur dikuliti hingga bersih. cara penggunaannya, kencur dimakan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. dapat dilakukan 2 kali sehari sampai sembuh.



  • Sakit Kepala
Sediakan 2-3 lembar daun kencur. cara pembuatannya, daun kencur ditumbuk sampai halus. cara penggunaannya, dioleskan ( sebagai kompres/pilis ) pada dahi.



  • Batuk 
Sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. cara pembuatannya, kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas, dan disaring. cara penggunaannya, diminum dengan ditambah garam secukupnya.



  • Keseleo/Terkilir
Sediakan 1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air, lalu dipipis dengan air secukupnya. oleskan/gosokkan pada bagian yang keseleo/terkilir sebagai bedak.


Sumber : Buku "Ramuan Obat Herbal"

Karya    : Setyo Wiyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar