Senin, 10 November 2014

Manfaat Kesehatan Buah Bangle

   Manfaat dan Khasiat Bangle   Bangle adalah suatu jenis tanaman berumpun agak padat. tingginya dapat mencapai 1,5 meter. daunnya tidak bertangkai. helai daunnya tidak berbulu, kecuali pada bagian bawah pangkal tulang tengahnya. perbungaannya berbentuk gelendong. daun pelindung bunganya kaku, berwarna merah, hijau, atau kecokelatan. bunganya berwarna putih. rimpangnya kuning kehijau-hijauan. rasanya pahit dan pedas. rimpang bangle dikenal sebagai salah satu bahan ramuan tradisional. biasanya bangle dicampur dengan lempuyang, jahe, dan kencur. tumbuhan yang berasal dari India ini sudah lama dibudidayakan di Pulau Jawa.

Bangle memiliki manfaat kesehatan & pengobatan, antara lain : mengatasi sakit perut, batuk berdahak, kejang-kejang, demam, influenza, cacingan, masuk angin, perut mulas, sembelit, asma, rematik, menyuburkan kandungan, mengecilkan perut, penghangat badan, menurunkan berat badan, untuk wanita sehabis melahirkan, dan lain-lain.


  • Sakit kepala
5 ruas jari bangle segar yang telah dicuci diparut, diperas, lalu disaring. airnya diminum, sedangkan ampasnya digosokkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis. lakukan 2 kali sehari.

  • Mencegah dan mengatasi asma
5 ruas jari bangle yang sudah diparut dicampur dengan 1/2 buah pinang yang ditumbuk halus dan sirih secukupnya, lalu diperas dan disaring. air perasan tersebut diminum. lakukan 2-3 kali sehari.

  • Mengatasi rematik
2 ruas jari bangle yang sudah dipotong-potong, 10 gram brotowali, 10 gram gandarusa, 10 gram jahe merah, dan 15 gram akar sawi langit direbus dengan air secukupnya, lalu diminum. atau bangle secukupnya diparut dan tambahkan arak putih. aduk rata kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

  • Mengatasi sembelit
1 ruas jari bangle, 10 gram jamur putih kering ( direndam terlebih dahulu hingga lembut ), 15 gram daun meniran segar, dan bagian dalam lidah buaya secukupnya direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas. setelah disaring, airnya diminum. lakukan 2 kali sehari.

  • Mengatasi Influenza
2 ruas jari bangle, daun mentol secukupnya, 2 ruas jari jahe, dan 5 butir kapulaga direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu diminum.

  • Menyuburkan kandungan
10 gram bangle, 10 gram umbi rumput teki, dan 10 gram kencur ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan air panas, dan disaring. setelah itu, diminum.

  • Mengatasi cacingan
3 ruas jari bangle yang sudah diiris tipis, 2 ruas jari temu hitam, 3 lembar daun sirih, 5 butir ketumbar, dan 2 buah pinang dihaluskan, lalu diseduh dengan air panas, diperas, setelah disaring, airnya diminum. lakukan 2 kali sehari.

Sumber  :  Buku "Hidup Sehat Cara Hembing"

Karya      :  Profesor Hembing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar