Rabu, 12 November 2014

Sejuta manfaat kesehatan dari Temu Hitam dan Temu Giring

        Temu Hitam atau temu ireng ( Curcuma aerunosa Val ) adalah suatu jenis tanaman yang tingginya dapat mencapai 2 meter, batangnya basah dan berwarna hijau, daunnya berwarna lembayung kecokelatan dan menjadi lebih gelap pada sepanjang tulang daun. dinamakan temu hitam karena bagian dalam rimpangnya berwarna biru atau kelabu. penyebarannya terutama yaitu di Indo-Malesia. tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. di Jawa Timur, tanaman yang berasal dari Myanmar ini sering dijumpai tumbuh di hutan-hutan jati. di Jawa, Malaya, dan daerah lainnya, temu hitam sudah dibudidayakan.

Temu Hitam berkhasiat mengatasi penyakit asma, koreng, kudis, cacingan, sakit perut, batuk, membersihkan darah, meningkatkan stamina sewaktu nifas, menambah nafsu makan, menurunkan demam, untuk kecantikan, dan lain-lain.


Temu Giring ( Curcuma heyneana Val ) adalah suatu jenis terna tahunan yang tegap dan tingginya dapat mencapai 2 meter. temu giring tumbuh liar di hutan-hutan, terutama di hutan jati Jawa Timur. di Jawa Tengah dan Jawa Timur, rimpang temu giring digunakan sebagai campuran bedak yang disebut lulur, yaitu ramuan yang dipakai untuk menghaluskan kulit. selain itu, ramuan jamu temu giring diminum para calon pengantin wanita untuk mencegah timbulnya rasa capek/lelah selama upacara dan pesta pernikahan. di Jawa Tengah, rimpang temu giring diolah menjadi tepung yang dapat dimasak menjadi bubur.

Temu Giring berkhasiat mengatasi penyakit rematik, disentri, lemas, datang haid yang tidak teratur, meningkatkan stamina, menambah nafsu makan, melancarkan buang air besar, menghaluskan kulit, dan lain-lain.

Khasiat Temu Hitam

  • Mengatasi cacingan
5 ruas jari temu hitam, 3 ruas jari bangle, 3 lembar daun sirih, dan 5 butir ketumbar ditumbuk halus. tambahkan air panas, lalu diperas dan disaring. setelah itu, diminum.

  • Mengatasi wasir
5 ruas jari temu hitam dicuci, dihaluskan, peras, lalu disaring. tambahkan 1/2 gelas air dan kuning telur. aduk rata, kemudian diminum.

  • Mengatasi sakit perut
7 gram temu hitam yang telah diparut, 3 gram bubuk sambiloto, 1 ruas ibu jari kayu manis, 30 gram jus daun lidah buaya, dan 4 gram bubuk jinten hitam direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu air rebusannya diminum. lakukan 2 kali sehari.

  • Mengatasi batuk
6 gram temu hitam, 5 gram kencur, 5 gram jinten, 5 gram pulosari, 5 gram adas, dan 5 gram lempuyang, serta kapulaga secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian diminum. lakukan 2 kali sehari.

Khasiat Temu Giring

  • Mengatasi cacingan
10 gram temu giring, 10 gram temu hitam, dan 10 gram lempuyang, serta 7 gram biji adas direbus dengan air secukupnya, lalu saring dan minum airnya sebelum sarapan.

  • Mengatasi disentri
1/2 ruas jari temu giring, 5 biji adas, 3 tangkai daun delima yang masih muda, 1/2 ruas jari pulosari, dan 1 siung bawang merah digiling hingga halus. tambahkan 1 cangkir air masak, lalu diperas dan disaring. airnya di minum. lakukan 2 kali sehari.

  • Menghaluskan kulit
Temu giring secukupnya diparut, lalu diperas. campurkan dan aduk rata dengan madu secukupnya, kemudian diminum. lakukan secara teratur 2 kali sehari.

  • Melancarkan buang air besar
9 gram temu giring, 8 gram pulosari, 5 gram adas, 5 gram asam jawa, dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. saring, lalu diminum. lakukan 2 kali sehari.

Sumber :  Buku "Hidup Sehat Cara Hembing"

Karya    :  Prof. Hembing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar