Minggu, 16 November 2014

Sejuta Manfaat Kesehatan dari Sambiloto

   Manfaat  Sambiloto   Sambiloto dapat menyembuhkan berbagai radang penyakit secara alamiah dan mudah didapat. Sambiloto ( andrigrapics paniculata ) merupakan tanaman yang berkhasiat obat dengan rasa pahit & bersifat mendinginkan. seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. seperti mengobati berbagai macam radang, tekanan darah tinggi, TBC paru, menurunkan panas, kudis, dan lain-lain.

Tanaman Sambiloto banyak tumbuh di dataran rendah sampai 700 meter di atas permukaan laut. di Indonesia tanaman ini tumbuh liar di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di ladang, tanah kosong yg tanahnya agak lembab. tanaman ini juga bisa ditanam di halaman yg bibitnya dapat dibeli dari penjual bibit tanaman.

Daun Sambiloto berkhasiat mengatasi berbagai penyakit, seperti tumor paru, kencing manis, hipertensi, anti kanker, bronkhitis, batuk rejan, disentri, perut kembung, diare, influenza, menurunkan panas, demam, abses, bisul, kudis, kencing nanah, luka bakar, diabetes, typus, sakit kepala, gigitan ular, luka terinfeksi, infeksi saluran empedu, hidung berlendir, dan lain-lain.

Tumbuhan ini mengandung laktone, flavonoid, alkane, ketone, dan aldehyde. selain itu tanaman ini juga mengandung mineral, seperti kalium, kalsium, natrium, dan asam kersik.


  • Radang hati/hepatitis 
Sediakan daun sambiloto yang kering 15 gram dan yang segar 30 gram. rebus daun ini dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc. minum sehari dua kali.

  • Mengobati radang usus dan disentri
Rebus daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, kemudian tambahkan patikan kebo segar sebanyak 20 gram. kemudian saring airnya. tambahkan madu secukupnya, langsung diminum.

  • Mengobati bronchitis, radang paru-paru, dan tumor paru-paru
Rebus dengan air secukupnya daun segar sambiloto sebanyak 20-30 gram atau yang kering sebanyak 15 gram. diminum 2-3 kali sehari.

  • Mengobati radang mulut dan radang amandel
Sediakan daun kering sambiloto sebanyak 15 gram, kemudian rebus dengan air secukupnya. minum 2 atau 3 kali sehari.

  • Mengobati batuk rejan
Daun segar sambiloto sebanyak 5 gram direbus dengan air selama 15 menit. saring airnya, kemudian tambahkan madu. minum 3 kali sehari.

  • Mengobati tekanan darah tinggi
30 gram daun segar sambiloto dan 75 gram seledri direbus dengan air sebanyak 500 cc. rebus sampai air tinggal kira-kira 250 cc. saring kemudian minum airnya.

  • Mengobati luka bakar
Haluskan 15 gram daun kering sambiloto sampai menjadi bubuk. kemudian aduk dengan minyak kelapa atau rebusan daun segar. kompreskan pada tempat yang sakit.

  • Mengatasi demam
Haluskan 30 gram daun segar sambiloto, tambahkan air secukupnya. saring dan minum airnya. atau, daun segar sambiloto yang sudah dihaluskan dicampur dengan air. kemudian kompreskan pada badan yang panas.

  • Mengatasi radang ginjal dan radang saluran seni
Sediakan daun segar sambiloto, kumis kucing, rambut jagung. takarannya adalah jika daun segar sediakan sebanyak 30 gram, sebaliknya jika daun kering sediakan sebanyak 15 gram. rebus semua daun ini dengan 1 liter air hingga tersisa kira-kira 1/2 liter. saring, kemudian minum airnya.

  • Mengatasi diabetes
Sebanyak 30 gram daun sambiloto segar, atau 15 gram daun sambiloto kering, direbus dengan 1 buah pare dan air sebanyak 1000 cc hingga tinggal 500 cc. setelah dingin saring airnya, dan minum 3 kali sehari. pare yang tersisa dapat dimakan.

  • Untuk kasus-kasus penyakit umum lainnya
30 gram daun sambiloto segar ditambah dengan 15 gram yang kering direbus dengan air sebanyak 500 cc hingga tersisa 250 cc. saring dan minum airnya.


Sumber :  Buku "Hidup Sehat Cara Hembing"

Karya    :  Prof. Hembing



 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar