Kamis, 26 Juni 2014

Manfaat kayu manis

   Cinnamon      Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah tertua di dunia. pohonnya berasal dari negara srilangka yg di temukan sekitar 6.000 tahun yg lalu. kayu manis telah di kenal akan manfaatnya dalam penyembuhan jauh pada tahun 2.700 SM . orang-orang romawi juga menggunakan kulit kayu ini sebagai obat. catatan tertua yg mendokumentasikan tentang kayu manis ini adalah "Taurat", kitab sucinya orang-orang yahudi.

   Daun kering dari pohon hijau ini, bersama kulit pohon bagian dalamnya, di gunakan sebagai rempah-rempah atau obat. ia memiliki aroma enak dan rasa yg hangat, manis, dan aromatik. kayu manis memiliki manfaat menyembuhkan berbagai penyakit sehingga pantas di sebut sebagai "Pengobatan Ajaib" di bandingkan sekedar rempah-rempah. rempah-rempah yg satu ini sungguh bermanfaat bagi kesehatan kita.

   Berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari kayu manis, yaitu :


  • Diabetes
            Kayu manis merupakan stimulator yg kuat bagi aktivitas hormon insulin sehingga kayu manis sangat  potensial membantu mereka yg menderita penyakit diabetes tipe 2.

  • Radang Sendi
            Buat teh dari daun asli, bukan teh celup. ( lebih baik jika teh hitam ). didihkan 3 cangkir teh bersama teh yg anda sukai, 2 sendok makan madu dan daun mint asli. minum 1 cangkir panas teh ini 3 kali sehari untuk meredakan radang sendi. ini berhasil dan rasanya enak.

  • Bau Mulut
            Kayu manis sangat baik untuk menghilangkan bau mulut dan bertindak sebagai penyegar mulut. kunyah saja sepotong kecil kayu manis atau berkumur dengan bubuk kayu manis yg di campur air.

  • Pilek
          - Untuk penyakit influenza dan sakit tenggorokan, anda akan mendapati kayu manis sebagai obat yg sangat ampuh. haluskan kulit kayu menjadi bubuk kasar, kemudian didihkan bersama air dan di campur madu kemudian minum selagi hangat. meminum resep ini saat musim hujan akan menjaga kita tidak terserang penyakit influenza. madu yg di campur tetesan minyak kayu manis dapat memberikan kesembuhan dari pilek. cukup satu atau dua sendok makan sehari.

          - Mereka yg menderita pilek parah harus minum satu sendok makan madu hangat dengan seperempat sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. proses ini membantu menyembuhkan batuk parah, pilek, dan memebersihkan sinus.

        Sumber  : Buku "Rasulullah is my doctor"

        Karya     : Jerry D. Gray

1 komentar: